Rabu, 24 Agustus 2016

Dimanakah Daerahku ?

Budaya, Makanan dan ciri khas daerah mojokerto


Mojokerto adalah salah satu kabupaten yang ada di Provinsi Jawa Timur, Indonesia. Kabupaten ini mempunyai luas total 969.36 km2. Kabupaten yang satu ini mempunyai 18 kecamatan, 299 desa, wisata keagamaan, museum kerajaan dan menyimpan banyak cerita raja – raja terdahulu salah satunya adalah kerajaan majapahit. Ada juga universitas di kabupaten mojokerti ini yaitu Universitas Islam Majapahit (UNIM) dan Universitas Mayjen Sungkono. Tidak hanya itu, sekolah tinggi di daerah ini pun juga banyak. Kabupaten mojokerto ini mudah dijangkau dengan kendaraan apa saja.


Budaya

b

Seni Tradisional Bantengan adalah sebuah seni pertunjukan budaya tradisi yang menggabungkan unsur tari, raga, musik, dan mantra yang kental dengan nuansa magis. Permainan seni bantengan ini akan semakin menarik jika orang yang membawa kepala banteng itu sendiri akan kemasukan arwah leluhur banteng ( kesurupan ). Tidak sedikit yang suka dengan kesenian ini. Mulai dari anak – anak, remaja dan orang dewasa. Kesenian bantengan biasanya akan di mainkan jika ada peringatan hari besar ataupun acara khitan, menikah dll.

ludruk

Ludruk adalah suatu kesenian tradisional dari Jawa Timur yang berupa drama. Pada saat pementasan kesenian ini gamelanlah yang menjadi pengiring atau teman pementasan drama kesenian ludruk. Orang yang memperagakan kesenian ludruk ini terdiri dari beberapa orang yang menjadi satu ( grup ). Kesenian ludruk ini seringkali dipentaskan saat ada acara formal ataupun non formal. Ludruk ini adalah drama yang menceritakan kisah kehidupan sehari – hari dengan guyonan yang menghibur penikmatnya.


Makanan


onde onde

Onde – Onde merupakan makanan khas Mojokerto. Kota mojokerto mempunyai nama lain yaitu kota Onde – Onde. Onde – Onde terbuat dari tepung terigu, gula, garam, air. Adonan ini untuk kulit luar, sedangkan didalam onde – onde terdapat kacang hijau yang dihaluskan. Agar tampilan onde – onde lebih cantik masyarakat menambahkan wijen. Onde – onde sendiri lebih enak dimakan saat masih hangat.

c

Rambak juga merupakan salah satu kerupuk khas mojokerto yang terbuat dari kulit sapi atau kerbau yang dikeringkan hingga kadar airnya hilang. Rambak juga masuk dalam jenis kerupuk. Kerupuk rambak ini kebanyakan banyak dihidangkan masyarakat saat hari lebaran. Tempat produksi rumahan kerupuk rambak ini bisa dengan mudah ditemukan di daerah Bangsal, mojokerto.

d

Kerupuk gorengan wedi adalah kerupuk yang terbuat dari campuran tepung dan bawang putih seperti kerupuk pada umumnya. Namun, kerupuk gorengan wedi termasuk berbeda dari cara penggorengannya. Kerupuk biasanya digoreng dengan minyak panas, tetapi untuk kerupuk yang satu ini khusus digoreng dengan pasir sehingga disebut dengan kerupuk gorengan wedi. Wedi sendiri berasal dari bahasa jawa yang artinya pasir. Kerupuk ini enak dimakan dengan teman sambal petis.

Ciri Khas

Alun – Alun kota mojokerto terdapat di tengah – tengah kota mojokerto yang difungsikan pada pagi hari untuk olah raga warga kota mojokerto itu sendiri dan malamnya disulap menjadi tempat yang bagus karena banyak lampion yang berbentuk karakter, bunga dll. Lumayan banyak permainan yang ditawarkan di alun – alun kota mojokerto. Para pecinta hewan biasanya berkumpul di alun – alun mojokerto, banyak juga komunitas lain yang berkumpul disana. Banyak kuliner yang berada tidak jauh dari alun – alun kota mojokerto yang sayang untuk dilewatkan. Tidak hanya warga mojokerto saja yang menikmati indahnya alun – alun kota. Namun banyak juga orang dari luar kota yang memilih alun – alun mojokerto untuk menjadi tujuan berwisatanya.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar